Mesin Bubut CNC

Pada umumnya proses pembubutan adalah salah satu proses penyayatan untuk menghasilkan bentuk silindris atau bulat dengan menggunakan alat potong pahat. Alat potong pada posisi tertentu dan bergerak lurus terhadap meja mesin sedangkan benda kerja berputar pada sumbunya.
Mesin Bubut CNC
Mesin Bubut CNC

Pada proses bubut dapat dibagi dalam beberapa proses pembubutan, yaitu proses pembubutan memanjang, pembubutan muka dan pembubutan profil. Proses pembubutan dapat dilakukan dengan menggunakan mesin bubut manual dan juga dapat menggunakan mesin bubut CNC.

Mesin Bubut CNC adalah mesin yang dioperasikan dengan menggunakan program komputer. Kepanjangan dari CNC adalah Computerisasi Numberik Control adalah sistem otomatisasi mesin bubut yang dioperasikan oleh perintah yang diprogram ol;eh operator dengan menggunakan pemprogram dimesin bubut tersebut dan disimpan dimedia penyimpanan, NC adalah singkatan dari Numerical Control yang mempunyai arti Kontrol Numerik.

Pada mesin CNC mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Program CAD. Mesin-mesin CNC dibuat untuk menjawab tantangan di dunia manufaktur modern. Dengan adanya pemesinan CNC, kualitas suatu produk dapat dijamin lebih bagus, pengerjaan produk massal dengan hasil yang sama persis dan waktu permesinan yang cepat dan singkat dapat dikerjakan.

Bagian–bagian Mesin Bubut CNC

Secara umum bagian-bagian mesin bubut CNC adalah sebagai berikut:
1.    Spindel Mesin
Spindel pada mesin bubut CNC berfungsi sebagai pengatur putaran dan pergerakan alat potong pada sumbu z dan berperan penting dalam koneksinya pada arbor mesin dengan bantuan udara bertekanan.

2.    Magazine Tool
Magazine tool atau disebut juga dengan tool turret, digunakan sebagai tempat penyimpanan alat potong dan berperan pada proses pertukaran cutter selama proses pemesinan berlangsung.
Magazine tool biasanya mempunyai banyak sloot biasnya atara 8-24 sloot, dan sangat tergantung pula pada jenis mesin cnc yang digunakan.

3.    Monitor
Monitor pada mesin bubut CNC berfungsi sebagai alat untuk memantau kegiatan yang dilakukan oleh mesin bubut, mulai dari parameter mesin, posisi koordinat benda dan tanda pemberitahuan apabila terjadi error.

4.    Panel Control
Panel control memiliki peran yang sangat vital, yaitu sebagai pusat pengoperasian dan pengontrolan kerja dari sebuah mesin bubut CNC. Panel control memiliki peran sebagai pusat pemberi perintah khusus pada mesin seperti: memutar spindle, menggerakkan meja dan mengubah setting.

5.    Coolant Hose
Coolant hose berfungsi sebagai salah satu system pendingin untuk alat potong, karena pada saat terjadi proses pemotongan benda kerja akan terjadi gerak gesek dan potong pada cutter yang dapat menyebabkan panas sehingga diperlukan adanya system pendingin dengan konsep air coolant dan udara bertekanan tinggi melalui selang yang dipasang pada blok spindle.

Prinsip Kerja Mesin Bubut CNC

Prinsip kerja mesin bubut CNC dapat diuraikan sebagai berikut:
1.    Operator mesin bubut cnc program CNC sesuai dengan produk yang akan dibuat, dengan cara mengetik langsung pada mesin CNC atau dibuat pada computer dengan software pemrograman CNC.

2.    Dua jenis program yang diketik langsung pada mesin bubut maupun dengan program dikomputer tersebut lebih dikenal sebagai G-Code, seterusnya dikirim dan dieksekusi oleh prosesor pada mesin CNC akan menghasilkan pengaturan motor servo pada mesin untuk menggerakkan perkakas yang bergerak melakukan proses pemesinan sehingga menghasilkan produk sesuai yang diprogram.

Prosedur menyalakan mesin bubut CNC :
1.    Switch ON
       hidupkan kontak panel yang berada dibelakang mesin yang terhubung pada panel.
2.    Cek Driver spindle
       Cek menyalanya display harus warna merah yang bertulisan : r 00 (berarti driver ready dengan rotasi 0 rpm).
3.    Lalu Cek 2 driver servo X,Z
4.    Dan yang terakhir Tutup panel listik pada mesin cnc dengan merapatkan 2 baut.




Demikian artikel tentang Mesin Bubut CNC semoga apa yang telah saya tulis diatas dapat bermanfaat. Terimasih sudah berkunjung di blog ini, jangan lupa untuk share atau membagikan artikel yang Anda baca.








No comments for "Mesin Bubut CNC"