Macam-macam Pahat Mesin Bubut CNC


Dalam kehidupan seorang ahli engineering tentu tidak jauh dari yang namanya perkakas, maka sebaiknya kita mengetahui berbagai perkakas atau alat dalam suatu mesin. Hal yang penting perlu kita ketahui salah satunya alat bantu pada mesin perkakas adalah pahat pada mesin bubut CNC, supaya dapat menentukan alat(pahat pemotong) ini untuk memotong misalnya, sedangkan alat (pahat bor) untuk mengebor dan lain-lain.

Pahat Mesin Bubut CNC
Pahat Mesin Bubut CNC

Yang saya harapkan kedepannya adalah kita harus mengetahui fungsi dari jenis-jenis pahat tersebut dan dapat menerapkan di dunia kerja. Misalnya; jenis-jenis pahat yang digunakan oleh mesin bubut CNC karena yang biasa anda gunakan adalah bentuknya lurus atau yang disebut dengan pahat HSS, nah mari kita coba untuk menelaah lebih jauh lagi tentang jenis-jenis pahat yang digunakan mesin bubut CNC.

Jenis-jenis pahat bubut

Beragam bentuk benda kerja yang ingin kita buat di mesin bubut menuntut kita untuk selalu mengetahui bentuk -bentuk pahat bubut yang umum dipakai.  Berdasarkan bentuknya, pahat bubut dari kanan-kiri dibedakan atas:
  1. Pahat alur lebar
  2. Pahat pinggul kiri
  3. Pahat sisi kiri
  4. Pahat ulir segitiga
  5. Pahat alur segitiga (kanan-kiri)
  6. Pahat alur
  7. Pahat ulir segitiga kanan
  8. Pahat sisi/ permukaan kanan (lebih besar)
  9. Pahat sisi/permukaan kanan
  10. Pahat pinggul/champer kanan
  11. Paha sisi kanan

Berdasarkan Materialnya, Ada Dua Macam Pahat Bubut Yang Umum Dipakai, Yakni Pahat HSS Dan Carbide/Tungsten Carbide.

A.    Pahat HSS (High Speed Steel)
Bila diartikan kedalam bahasa indonesia maka menjadi baja berkecepatan tinggi. Pahat HSS merupakan peralatan yang berasal dari material baja dengan unsur karbon yang tinggi. Biasanya digunakan untuk mengasah atau memotong benda kerja. Pahat HSS sering digunakan karena kuat dalam pengerjaan panas dan berat. Pahat HSS memiliki ketahanan terhadap abrasif yang tinggi, sehingga tahan lama jika digunakan.

B.    Carbide
Pahat jenis ini dibentuk dengan campuran bahan kimia. Dalam bentuk dasarnya carbide memiliki bentuk butir-butir abrasif yang sangat halus, tetapi dapat dipadatkan dan dibentuk menjadi peralatan dalam perindustrian. Pahat carbide memiliki kekerasan 3 kali lipat dari baja, sehingga hanya bisa dilakukan proses pemolesan menggunakan silikon karbida, boron nitrida bahkan berlian.

Berikut jenis-jenis pahat bubut CNC

1.    Pahat Ulir atau Insert Ulir
Pahat Ulir atau Insert Ulir digunakan untuk membuat ulir, baik ulir tunggal maupun ulir ganda. Bentuk pahat ulir harus sesuai dengan bentuk ulir yang diinginkan, misalnya sudut ulir yang di inginkan 45˚ maka pahat yang harusnya digunakan adalah memiliki sudut 45˚.

Oleh karena  itu diperlukan pengasahan pahat sesuai dengan mal ulirnya. Standart sudut pahat ulir di lihat dari bentuknya dibedakan menjadi 2, yaitu: sudut metris 60˚ dan sudut ulir whitwoth 55°.
Cara pemakanan pada benda kerja berulir agar pahat tidak mudah aus dan patah:
  1. Miringkan sudut tirus pahat bubut searah jarum jam dengan sudut (sudut pahat ulir /2; metris 60°/2=30°, whitwoth 55°/2 = 27,5°.
  2. Paskan ketinggian pahat dengan sumbu senter.
  3. Tegak luruskan pahat bubut dengan benda kerja dengan menggunakan mal pahat ulir
  4. Pemakanan diharuskan 2:1 yaitu nonius eretan bawah dua kali lipat dari nonius eretan atas yaitu: eretan tirus (misal: nonius eretan bawah pemakanan 2 strip atau 2 garis nonius dan ditambahkan dengan nonius eretan atas atau tirus 1 strip atau 1 garis nonius).

2.    Pahat pengasaran biasanya digunakan untuk program G71 yang mana jenis pahat ini terdapat dua jenis, yaitu:
  1. Pahat Rata Kiri
    Pahat Rata Kiri digunakan untuk pembubutan rata memanjang yang arah pemakanannya di mulai dari kiri ke arah kanan mendekati posisi kepala lepas mesin bubut. Pahat rata kiri ini memiliki sudut baji 55˚.
  2. Pahat Rata kanan                                                                                                                       Pahat Rata kanan digunakan untuk pembubutan rata memanjang yang arah pemakanannya dimulai dari kiri ke arah kanan mendekati posisi cekam mesin bubut CNC. Pahat bubut rata kanan mempunyai sudut baji 80˚ dan sudut-sudut bebas lainnya.

3.    Pahat Bor
Kegunaan Pahat Bor untuk mendapatkan kedalaman yang diharapkan oleh operator diperlukan suatu alat yang letaknya di ujung rangkaian pipa pemboran dinamakan mata bor atau bit. Mata bor atau bit adalah salah satu alat alat bantu yang terpasang di ujung paling bawah dari rangkaian pipa yang langsung berhadapan dengan formasi atau batuan yang di bor.

Lumpur yang disirkulasikan akan keluar melalui mata bor yang juga akan menyemprotkan langsung kebatuan yang sedang dihancurkan di dasar lubang bor. Semprotan ini akan ikut membantu menghancurkan batuan-batuan itu. Batuan yang disemprot oleh Lumpur tadi akan lebih mudah lagi dihancurkan oleh mata bor, maka akan diperoleh laju pemboran yang lebih cepat.

Jenis mata bor
Ada tiga jenis mata bor jika dilihat dari jenis batuan yang dibor, yaitu :
  1. Mata bor untuk batuan lunak, yaitu: bentuk gigi panjang dan langsing.
  2. Mata bor untuk batuan sedang,yaitu:  bentuk gigi agak pendek dan tebal.
  3. Mata bor untuk batuan keras, yaitu: bentuk gigi pendek dan tebal.
Ukuran – ukuran pahat yang biasa dipakai :
  1. Pahat 36” untuk pipa selubung 30”
  2. Pahat 26” untuk pipa selubung 20”
  3. Pahat 17. 1/2 untuk pahat selubung 13. 3/8”
  4. Pahat 12. 1/4” untuk pipa selubung 9. 5/8”
  5. Pahat 8. 1/2” untuk selubung 7”
  6. Pahat 6” untuk pipa selubung 4.1/2”
Semakin besar diameter pahat maka akan semakin kecil kecepatan putaran sehingga tools / pahat bor menjadi awet/tidak cepat aus.

4.    Pahat Potong (cutting)
Fungsinya digunakan untuk memotong benda kerja. Jenis dan bentuk pahat bubut bervarias/bermacam macam karena disesuaikan dengan kebutuhan, dimana dalam proses pembubutan benda kerja yang berputar dan pahat yang bergerak.



Demikian artikel tentang Macam-macam Pahat Mesin Bubut CNC semoga apa yang telah saya tulis diatas dapat bermanfaat. Terimasih sudah berkunjung di blog ini, jangan lupa untuk share atau membagikan artikel yang Anda baca.


No comments for "Macam-macam Pahat Mesin Bubut CNC "