Cara Membubut Lurus Pada Mesin Bubut


Pengertian

Membubut merupakan suatu proses pembentukan benda kerja dengan mennggunakan mesin bubut. Mesin bubut adalah salah satu mesin perkakas yang digunakan untuk membentuk benda kerja dengan gerak utama berputar pada sumbunya. Gerakan berputar inilah yang menyebabkan terjadinya penyayatan oleh alat potong (tool) berupa pahat terhadap benda kerja.

Prinsip kerja dari mesin bubut yaitu gerak potong yang dilakukan oleh benda kerja yang berputar pada sumbunya berupa gerak makan oleh pahat yang bergerak secara translasi dan menyayat  benda kerja sesuai yang diinginkan operator. Mesin bubut berfungsi untuk mengerjakan bidang-bidang silindris luar dan dalam (membubut lurus dan mengebor), bidang rata (membubut rata), bidang tirus (kerucut), bentuk lengkung (bola), membubut ulir dll.
Pembubutan Alur Pada Mesin Bubut
Pembubutan Alur Pada Mesin Bubut


Pembubutan lurus atau rata adalah pengerjaan benda kerja yang dilakukan oleh pahat potong sepanjang garis sumbunya atau arah memanjang. Hal ini dikerjakan untuk mendapatkan ukuran diameter benda kerja maupun panjang yang diinginkan. Proses pembubutan ini merupakan proses untuk membuat poros atau benda-benda yang silindris sederhana.

Membubut silindris dapat dikerjakan sekali atau dengan permulaan pemakanan permukaan benda kerja kasar yang kemudian dilanjutkan dengan pemakanan halus atau finishing. Cara membubut lurus ini biasanya dikerjakan untuk mengurangi ukuran diameter benda kerja. Pahat yang digunakan pada umumnya adalah pahat rata kanan.

Sebelum melakukan pembubutan lurus lebih baik melakukan dua hal berikut ini. Pertama, mengukur diameter awal benda kerja, agar mempermudah menentukan tebal penyayatan pada setiap langkah penyayatannya.

Selain itu untuk memperkirakan panjang bagian benda kerja yang harus dijepit atau dikerjakan. Kedua, mempersiapkan pahat dengan sudut dan geometri yang standar. Hal ini supaya penyayatan dapat dilakukan dengan baik dan dapat memperoleh kualitas permukaan yang halus.

Langkah kerja cara membubut lurus

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada proses pembubutan lurus/rata, yaitu:
  1. Gunakan jenis pahat yang sesuai (biasanya pahat rata kanan) dan pastikan ujung sisi sayat pahat sudah diatur setinggi center benda kerja. Pastikan juga pengikatan pahat kuat serta sudut bebas pada posisi yang tepat. Hal ini agar kinerja mesin bubut dapat optimal dan memperoleh hasil benda kerja yang baik.
  2. Pastikan pencekaman benda kerja sudah dilakukan dengan baik dan benar yaitu dengan cara benda kerja dicekam dengan kuat dan posisi benar-benar center/tidak oleng. Apabila pencekaman benda kerja masih dalam kondisi oleng tetapi tetap dipaksakan untuk dilakukan pembubutan maka akibatnya adalah diameter benda kerja yang dihasilkan akan terjadi tirus antara ujung benda kerjanya.
  3. Feeding dan depth of cut perlu diatur dengan baik, yaitu dengan cara memperhatikan kebutuhan dalam proses pembubutan terkait dengan kualitas permukaan benda kerja yang diinginkan dan waktu pengerjaan yang tersedia. Apabila pengurangan diameter benda kerja cukup tebal maka sebaiknya dilakukan dalam beberapa tahap penyayatan. Tahap pertama yaitu langkah pengasaran dengan menggunakan feeding dan deep of cut yang lebih besar agar menghemat waktu. Setelah itu dilakukan pekerjaan finishing dengan menggunakan feeding dan deep of cut yang sangat kecil, supaya diperoleh kualitas pemerataan benda kerja yang optimal.
  4. Usahakan dalam mengontrol panjang pergerakan pahat potong mesin bubut pada arah memanjang menggunakan eretan bawah sedangkan arah melintang dengan menggunakan eretan lintang. Hal ini agar lebih mudah memperoleh ukuran yang tepat sesuai gambar kerja dengan lebih mudah, serta mengurangi pengukuran yang berulang menggunakan jangka sorong selama proses pekerjaan.
  5. Usahakan pada saat menjalankan eretan baik memanjang ataupun eretan lintang dengan memakai mode otomatis pada mesin bubut agar feeding yang digunakan dapat dikontrol konsisten dan juga meringankan pekerjaan operator dalam pembubutan.



Demikian artikel tentang Membubut Lurus semoga apa yang telah saya tulis diatas dapat bermanfaat. Terimasih sudah berkunjung di blog ini, jangan lupa untuk share atau membagikan artikel yang Anda baca.


No comments for "Cara Membubut Lurus Pada Mesin Bubut"